Membuat Jaringan Lokal (Local Area Network)

Posted: November 2, 2010 in NETWORKING

Oke biar langsung pada intinya, topologi jaringan ntu ada banyak ragamnya silahken cari sendiri di google, hehehehe

Persiapan:

  1. Berdoa
  2. Siapkan 2 buah PC atau lebih yang tentu aja bisa hidup dan sudah ada OS-nya, dalam kasus ini menggunakan OS Windows XP SP3 Update September 2010.
  3. Jangan lupa PC-nya harus ada LAN Card-nya.
  4. Kabel UTP + Konektor RJ 45
  5. Tang (Cramping tools)

Pemasangan kabel UTP dan Konektor RJ-45

Nah sebelum masuk pada tahap ini, ada hal yang harus diketahui yakni metode pengkabelan. Masing-masing metode mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Metode yang pertama adalah kabel lurus (straight cable) dan yang kedua adalah kabel silang (crossover cable)

a. Kabel Lurus (straight cable)

Digunakan untuk menghubungkan workstation (klien) dengan hub/switch

Pemasangan ujung-ujung kabel mengikuti standart T-568-B, yakni :
1. putih orange
2. orange
3. putih hijau
4. biru
5. putih biru
6. hijau
7. putih coklat
8. coklat

Ingat lo, ujung-ujungnya mesti mengikuti standart ini.

b. Kabel Silang (Crossover Cable)

Digunakan untuk menghubungkan PC dengan PC tanpa menggunakan Hub/Switch atau Hub dengan Hub, dst.

Untuk pemasangan kabel dengan metode kabel silang (crossover cable) di kedua ujungnya mempunyai standart yang berbeda. Yang satu menggunakan standart T-568-B (seperti pada kabel lurus) dan yang satunya menggunakan standart T-568-A yang mana urutannya (untuk standart T-568-A) adalah:
1. putih hijau
2. hijau
3. putih orange
4. biru
5. putih biru
6. orange
7. putih cokelat
8. cokelat

Ingat nih masing-masing kegunaan dari dua metode pemasangan kabel tadi. Untuk pertanyaan “why”-nya silahken cari di om google yah. hohohoho

Menghubungkan 2 buah PC tanpa menggunakan HUB/Switch

Ini yang paling gampang nih, sesudah kabel UTP + konektornya siap, saatnya kita praktek untuk menghubungkan 2 buah PC yang mempunyai sistem operasi windows XP SP3. Pertanyaan saya, pake metode pemasangan apa ya untuk kabel UTP-nya?

Klo sudah siap langsung aja, colokkan konektor RJ-45-nya ke PC. Trus setting IP address-nya (nah khusus masalah ini, nanti kita bahas tersendiri) Untuk PC 1: 192.168.1.2 subnet mask-nya kasih 255.255.255.0, terus untuk PC 2: 192.168.1.3 subnet mask-nya juga 255.255.255.0. Gimana konek atau tidak? InsyaAllah kalo pemasangannya benar pasti konek.

Bagaimana cara mengetahui konek atau tidak? ada beberapa cara salah satunya dengan perintah ping di ms dos. Coba command prompt terus ketik perintah berikut ping (alamat IP PC) tekan enter. Contoh : ping 192.168.1.2 enter (itu kalo sampeyan kasih perintah di PC yang mempunyai alamat rumah di 192.168.1.1), begitu pula sebaliknya. Kalo isinya reply from… bla… bla… maka artinya kedua PC tersebut sudah terhubungkan. Kalo tulisannya request time out, artinya gak konek. Hehehehehe weee

Lanjut… lanjut….

Menghubungkan komputer dengan menggunakan HUB/Switch

Oke mirip dengan cara di atas caranya yang membedakan adalah metode pengkabelannya + dimana mencoloknya. Silahkan coloknya kabel UTP yang satu ke PC yang satunya ke HUB/Switch. Selanjutnya? yaa tinggal setting alamat rumah si PC tersebut (IP address) lalu di tes deh. Hehehehehe

Wkwkwkwkw singkat padat dan mungkin tidak jelas. Tapi intinya mungkin dapat ya…

Cara agar kedua PC tersebut bisa sharing file dan printer

Naah itu baru sampai pada titik menghubungkan, belum lagi sampai pada tahap setting agar bisa sharing file. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana? Hehehehehe

Oke, sekarang cari folder yang akan di sharing, trus klik kanan di sana, cari tulisan sharing and security. Coba liat di Network sharing and security pilih Enable File sharing –> Just enable file sharing –> OK. Jangan lupa centang Share this folder on the network. Beri nama di kotak isian ‘share name’ (terserah aja namanya misal tes). Nah pada perintah terakhir kalo seandainya kita mau user lain di dalam network bisa merubah atau menghapus file2 yang dishare pilih ‘Allow Network user to change my file’. And tekan OK.

Saatnya kita coba…

Cara gampang, buka run–ketik— //ip_address dari komputer yang pengen kita ambil file-nya. Ntar muncul deh folder yang kita sharing tadi.

Cara agak susah, bisa cek di my network places. Tinggal cari foldernya. Hehehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s